Langsung ke konten utama

Pengenalan Kampus (1)- Briefing dan Pengenalan Nama Latin


Kampusnya!!! *salah* *plak*


Sesuai janji saya untuk kembali aktif di blog, kali ini saya mencoba untuk menceritakan tentang pengenalan kampus/PK (istilah lain untuk ospek) di kampus tempat saya akan menjalani kuliah nantinya.
Tanggal 1-4 Agustus saya akan menjalani PK di fakultas kedokteran di salah satu universitas swasta yang berlokasi di seberang mal Emporium Pluit, Jakarta Utara *tau kan nama kampusnya? Yep, Atm*jaya...* dan tanggal 6-8 Agustus saya akan PK tingkat kampus di Semanggi, di kampus yang terletak di seberang Plaza Semanggi.
Tanggal 30 Juli ini saya briefing untuk PK tanggal 1-4 Agustus. Sebelumnya sudah diberitahukan lewat SMS, jadi semuanya kalau bisa wajib datang. Briefing dilakukan di ruangan yang disebut juga "akuarium", yang bisa ditemukan di Gedung Damianus ruangan D111.
Saat briefing, dibentuk kelompok-kelompok berdasarkan nomor urut pendaftaran (NIM) yang akan terus bersama-sama selama PK berlangsung. 1 kelompok sedianya 15 orang (kalau ada semua orangnya). Karena NIM saya angka keberuntungan bagi sejumlah orang yaitu 088, maka saya masuk kelompok 6 yang beranggotakan NIM nomor 076-090, namun anggota kelompok saya cuma 13 orang karena pemilik NIM 079 dan 090 tak mendaftar ulang. Satu kelompok memiliki satu pemimpin kelompok, yakni yang mempunyai NIM terkecil, dan satu senior pembimbing kelompok, yang disebut dengan kakak PK. Detil kelompok akan dibahas pada entri bagian kelima.
Selain itu juga dibacakan peraturan dan apa saja yang harus dibawa ke kampus. Menu yang harus dibawa diatur dan disebutkan dalam bahasa Latin (saya baru menyadari penggunaan istilah kedokteran oleh ortu saya di rumah dan pelajaran Biologi pas saya sekolah dulu -dimana satu-persatu anak disuruh membuat kartu dari satu jenis tanaman/hewan lalu mempresentasikannya- sangat membantu). Untuk hari pertama, semua diminta membawa menu berupa: Oryza sativa mature alba (nasi putih) 400 kalori dibentuk ren sinistra et dextra (ginjal kiri kanan), precipitat glicine soja dengan Rhizopus oligosporus (tempe) + filtrat glicine soja (tahu) dibentuk hati, Malus domestica (apel) didermabrasi (dikupas) dan direndam dengan cairan Citrus domesticum (jeruk), Sardina pilchardus (sarden) dengan Solanum licopersitum (tomat), dan cah bayam (saya lupa nama latinnya, pas dicatet langsung pakai “bayam”) dengan Allium sativum (bawang putih, bumbu dapur paling tidak enak versi saya. Tapi mau gak mau ya makan saja, walau saya bikin cah bayam itu bawang putihnya tak banyak-banyak). Lalu membawa hand sanitizer, tisu basah + kering, jas almamater, baju ganti, penutup mata, dan lain-lain. Nametag yang dipakai juga disebutkan syaratnya dalam bahasa Latin (bentuk encephalo/otak potongan tengah dengan bagian depan warna arteri dan belakang warna vena, disambungkan dengan rafia alba, bagian depan ditulis nama NIM asal sekolah dan tempat tanggal lahir ditulis dengan tinta warna alba dengan foto 4x6, bagian belakang ditulis nama penyakit yang ditentukan dari undian, dan sebagainya) , demikian pula map yang akan dipakai untuk mengumpulkan tugas. Kemudian diajarkan juga theme song yang dibuat oleh panitia beserta gerakannya.
Semoga PK akan berjalan dengan cukup lancar. Yah, semoga...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Shii

Setelah melihat blog ini dari awal sampai akhir saya baru menyadari bahwa belum ada entri yang menampilkan tentang profil saya kecuali yang ada di bagian profil. (Buset telat amat nyadarnya!!!) Karenanya saya akan menuliskan entri ini, yah walaupun amat sangat super duper hyper telat sekali banget (ada kata-kata lain yang lebih lebay?) saya akan memperkenalkan secara singkat, siapa sih Shii itu? Shii (atau yang di dunia nyata lebih dikenal dengan sebutan *****-nama disensor-) adalah manusia yang merasa dirinya alien atau sekurang-kurangnya, anak indigo, lah... *untuk yang terakhir ini saya sendiri tidak tahu pasti kebenarannya, jangan-jangan benar anak indigo?* Jika kalian melihat ada seseorang yang dianggap aneh atau merasa dirinya aneh di sekitar kalian, kemungkinan itu adalah Shii. Nama Shii diambil dari nama aslinya yaitu *******. Shii baginya dianggap nama yang simpel namun punya banyak arti. Nama Shii itu sendiri tercetus tidak sengaja ketika sedang melamun di kamarnya pada suatu

Tes Masuk Atmajaya (1)

Daripada freak dengan bilang "saya ikut tes masuk universitas berinisial A" yang sok-sokan disensor, mending saya langsung beberkan saja nama universitasnya, ya... Jadi, pada tanggal 21 November yang lalu, dengan merelakan batalnya photo session dan tidak hadirnya saya ke UNJ (dimana semua forum yang saya ikuti mengadakan gath disana) juga kerja kelompok sekolah, saya mengikuti tes masuk universitas yang punya 2 tempat (satu di sebelah Plaza Semanggi dan satunya lagi di seberang Emporium Pluit) selain di Jogjakarta ini. Karena dalam pikiran saya sudah penuh dengan kata-kata seperti "Kalo ga lulus tes ini, kamu ga bisa ikut bonenkai di RRI tanggal 12 Desember karena harus ikut tes FKG Trisakti" maka saya memutuskan agar meluluskan tes ini. Lagipula, saya sudah punya tekad, kalau saya diterima di suatu universitas, saya akan menjadi anggota klub jejepangan di sana dan menjadi panitia J-event. Dulu Atmajaya pernah mengadakan J-event, jadi tugas saya adalah menghidupkan

Junjou Romantica (Season 1 dan 2)

Sepertinya sudah lumayan lama saya tidak me-review anime, dan sekarang saya kembali akan me-review sebuah anime, kali ini dari genre yaoi/boy's love (BL). Anime ini memang sudah lama (sekitar 2-3 tahun lalu), tapi saya baru menontonnya akhir-akhir ini karena baru sempat mendownload, dan juga saya baru mengenal yaoi sejak pertengahan 2008. Walau temanya yaoi, tapi menurut saya tak ditampilkan terlalu eksplisit seperti halnya anime yaoi pada umumnya. Jadi, yah... cocok untuk segala kalangan, asalkan tidak keberatan dengan tema BL, tentu saja. Cerita dari anime ini berpusat pada 3 pasangan utama yang saling berkaitan satu sama lain, yakni: 1. Junjou Romantica: Misaki Takahashi (mahasiswa tingkat pertama universitas Mitsuhashi jurusan ekonomi) dan Usami Akihiko (penulis novel yang terkenal, memenangkan penghargaan, namun sangat disayangkan (?) beberapa karya novelnya bertemakan BL). Misaki mendapatkan nilai yang jelek saat persiapan tes masuk Universitas Mitsuhashi, jadi Takahiro, kaka