Langsung ke konten utama

Review Ulangan Mid (1)

Pada tanggal 4-11 September saya dan semua anak SMA Santa Ursula mengikuti ulangan mid semester. Sesuatu yang lumrah di sekolah-sekolah lain, termasuk SMP saya dulu. Tapi untuk SMA saya, baru pertama kalinya ulangan mid semester ini diadakan.

Berikut review ulangan mid yang telah dilakukan sampai saat entri ini ditulis (8 September 2009):

4:
Biologi: bahannya amat sangat banyak, CUMA 2 bab sih, tapi 1 bab saja bisa sampai puluhan halaman. Dan gurunya berkata "Bacalah sampai detil-detil terkecil, pokoknya semua soal keluarnya dari buku!" Yang saya sesalkan adalah kenapa Biologi di hari pertama sedangkan hari sebelumnya tidak libur, sehingga anak-anak yang pulang seperti biasa hari sebelumnya mempunyai lebih sedikit waktu untuk belajar. Saya sebenarnya berharap jadwal ulangan mid Biologi ditukar dengan Matematika saja...

Agama: alias Religiositas (karena membahas agama dan kepercayaan yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Budha, Konghucu, dan Hindu). Sebenarnya bahannya bab 1 dan bab 2 awalnya saja, tapi anak-anak rata-rata belajar bab 1 dan bab 2 semuanya. Untung saya tidak terlalu menghafalkan akhir bab 2, sehingga yang saya pelajari keluar semua XD Tapi belum tentu dapat bagus, karena gurunya mahasiswa (ya, masih mahasiswa) jurusan Filsafat yang kalau mau menjawab soal, soalnya harus diteliti dan direnungkan terlebih dahulu maksudnya sebelum menjawab. Saya sih lumayan suka Filsafat (sejak membaca Dunia Sophie), tapi kadang bisa tertipu dengan model soal yang diberikan ==" Misalnya pada ulangan pertama, saya mendapatkan nilai 5 dari maksimal 15 untuk soal terakhir, karena pertanyaannya:
"Penghayatan iman tidak bisa dilihat oleh seseorang."
Seorang perempuan terjatuh dari motornya. Tak ada yang menolongnya, sampai kemudian datanglah 2 orang, 1 berpakaian preman dan lainnya pekerja kantoran, menolong perempuan tersebut. Penghayatan iman apa yang kira2 ada dalam kedua orang yang menolong tadi? *kira-kira begitu soalnya, saya tidak ingat pasti*
Saya menjawab: "Mungkin pria itu ingin menolong dengan imbalan, mungkin pria itu ingin mencuri dompet si perempuan dst dst", dan ternyata jawaban yang benar adalah.... TIDAK ADA, saudara-saudara!!!
Semoga di ulangan mid kali ini tidak ada soal semacam itu...

5:
Bahasa Jepang: entah kenapa saya lebih suka menuliskan "Nihongo". Di luar dugaan, lumayan mudah. Apakah ini berarti kemampuan saya meningkat? Tapi setidaknya saya bisa belajar sendiri tanpa bantuan "dia"... XD
Yah untuk converstation mungkin saya harus berbicara Nihongo betulan di depan teman-teman saya, tidak hanya tertulis seperti sekarang....
(Sekarang entah kenapa saya lebih suka menuliskan "gomen" dibandingkan "sorry" atau "maaf", "ohayou" dibandingkan "selamat pagi", "konnichiwa" dibandingkan "selamat siang", dst dst, tapi bukan berarti saya tidak nasionalis)

Web Design: "Buatlah layout web dengan menggunakan Photoshop" *aduh ga enak nulis Photoshop, kebiasaan nulis "sotosop" sih.... (anak Kaskus sejati XD)*, begitu kata soalnya. Kemudian kami membuat layout web. Saya yang baru kembali dari sotosop yang error *baru beberapa minggu memakai CS3* pun tak jarang kurang tahu menahu soal mendesain. Tapi untunglah semua bisa diselesaikan dengan baik (?)

6:
LIBUR!!!!
Dan ada kejadian menyenangkan di hari ini.... yaitu.... lihat entri selanjutnya saja ya XD

7:
Bahasa Indonesia: pelajaran yang paling saya senangi se-jagad raya, walaupun waktu itu sempat remed (PERTAMA KALINYA DALAM SEJARAH)... Tapi secara keseluruhan, seperti biasa saya sangat menyenangi mengerjakan soal ulangan Bahasa Indonesia. Tapi kok soal dan durasinya tak sebanyak dulu ya? Apa karena sekarang saya sudah jadi anak IPA? T0T
Ah sudah saya duga, saya anak Bahasa yang nyasar ke IPA...

PKn: lumayan gampang di PG, lumayan susah di esai. Saya memang tidak jago hafalan sih, saya sukanya membaca soal dan merenungkan sesuai dengan kebahasaannya, kemudian mencari pilihan jawaban yang paling "mencurigakan" (ini bukan cap cip cup, kalau cap cip cup kan asal milih, ini direnungkan dulu, dan memang metode ini 75% lebih efektif dibandingkan cap cip cup) *tuh kan, sudah saya bilang, saya anak Bahasa yang nyasar ke IPA*

8:
Fisika: Dulu pas SMP-1 SMA saya sangat membenci pelajaran ini. Tapi sejak kelas 2 SMA, entah kenapa saya mulai menaruh hati pada pelajaran ini, tapi tetap saja tidak meninggalkan belahan hati saya untuk mata pelajaran IPA yaitu Kimia *halah, apaan sih*. Secara keseluruhan, "GAMPANG", tapi untuk gerak melingkar saya tidak bisa karena saya tidak tahu kalau itu keluar. Teman saya baru meng-SMS saya malam-malam sebelum saya tidur, "eh katanya gerak melingkar keluar loh," kata teman saya.

Olahraga: Nah kalau yang ini baru saya benci.... forever!!! Habisnya saya benar-benar tidak menguasai satupun cabang olahraga, alhasil, nilai saya ngepas atau bahkan remed. Tidak menjadi yang terendah sekelas saja sudah syukur. Kecuali renang, mungkin. Itupun adik saya lebih pintar dalam bidang ini. Dalam mengerjakan soalnya saya juga cenderung memakai metode "membaca soal dan merenungkan sesuai dengan kebahasaannya, kemudian mencari pilihan jawaban yang paling "mencurigakan"". Memang benar kata salah satu teman baru saya (yang baru saya kenal setelah membaca komentarnya atas status saya di Facebook): "Rata-rata seniman itu lemah di olahraga ya". Saya memang JAUH lebih memilih menggambar perspektif atau gambar contoh realis daripada olahraga!!!
Nah... sekian... besok ada ulangan Kimia dan Sejarah, lusa ulangan Matematika, serta 3 hari lagi ulangan Komputer dan Bahasa Inggris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Shii

Setelah melihat blog ini dari awal sampai akhir saya baru menyadari bahwa belum ada entri yang menampilkan tentang profil saya kecuali yang ada di bagian profil. (Buset telat amat nyadarnya!!!) Karenanya saya akan menuliskan entri ini, yah walaupun amat sangat super duper hyper telat sekali banget (ada kata-kata lain yang lebih lebay?) saya akan memperkenalkan secara singkat, siapa sih Shii itu? Shii (atau yang di dunia nyata lebih dikenal dengan sebutan *****-nama disensor-) adalah manusia yang merasa dirinya alien atau sekurang-kurangnya, anak indigo, lah... *untuk yang terakhir ini saya sendiri tidak tahu pasti kebenarannya, jangan-jangan benar anak indigo?* Jika kalian melihat ada seseorang yang dianggap aneh atau merasa dirinya aneh di sekitar kalian, kemungkinan itu adalah Shii. Nama Shii diambil dari nama aslinya yaitu *******. Shii baginya dianggap nama yang simpel namun punya banyak arti. Nama Shii itu sendiri tercetus tidak sengaja ketika sedang melamun di kamarnya pada suatu

Tes Masuk Atmajaya (1)

Daripada freak dengan bilang "saya ikut tes masuk universitas berinisial A" yang sok-sokan disensor, mending saya langsung beberkan saja nama universitasnya, ya... Jadi, pada tanggal 21 November yang lalu, dengan merelakan batalnya photo session dan tidak hadirnya saya ke UNJ (dimana semua forum yang saya ikuti mengadakan gath disana) juga kerja kelompok sekolah, saya mengikuti tes masuk universitas yang punya 2 tempat (satu di sebelah Plaza Semanggi dan satunya lagi di seberang Emporium Pluit) selain di Jogjakarta ini. Karena dalam pikiran saya sudah penuh dengan kata-kata seperti "Kalo ga lulus tes ini, kamu ga bisa ikut bonenkai di RRI tanggal 12 Desember karena harus ikut tes FKG Trisakti" maka saya memutuskan agar meluluskan tes ini. Lagipula, saya sudah punya tekad, kalau saya diterima di suatu universitas, saya akan menjadi anggota klub jejepangan di sana dan menjadi panitia J-event. Dulu Atmajaya pernah mengadakan J-event, jadi tugas saya adalah menghidupkan

Junjou Romantica (Season 1 dan 2)

Sepertinya sudah lumayan lama saya tidak me-review anime, dan sekarang saya kembali akan me-review sebuah anime, kali ini dari genre yaoi/boy's love (BL). Anime ini memang sudah lama (sekitar 2-3 tahun lalu), tapi saya baru menontonnya akhir-akhir ini karena baru sempat mendownload, dan juga saya baru mengenal yaoi sejak pertengahan 2008. Walau temanya yaoi, tapi menurut saya tak ditampilkan terlalu eksplisit seperti halnya anime yaoi pada umumnya. Jadi, yah... cocok untuk segala kalangan, asalkan tidak keberatan dengan tema BL, tentu saja. Cerita dari anime ini berpusat pada 3 pasangan utama yang saling berkaitan satu sama lain, yakni: 1. Junjou Romantica: Misaki Takahashi (mahasiswa tingkat pertama universitas Mitsuhashi jurusan ekonomi) dan Usami Akihiko (penulis novel yang terkenal, memenangkan penghargaan, namun sangat disayangkan (?) beberapa karya novelnya bertemakan BL). Misaki mendapatkan nilai yang jelek saat persiapan tes masuk Universitas Mitsuhashi, jadi Takahiro, kaka