Langsung ke konten utama

Provoke Art Wave (2)




Setelah mengikuti jam pelajaran pertama, saya keluar dari sekolah dan diantarkan oleh ayah saya ke tempat lomba. Kebetulan sekali, ayah saya dulu kampusnya dekat situ. Jadi, ya, tentunya tau jalan...
Sekitar jam 8 lewat saya sampai di tempat tujuan. Saya meregistrasi nama saya dan menuju ke dekat panggung. Ternyata di sana sudah ada beberapa yang hadir. Sebagian bersama teman-temannya.
Akhirnya, sekitar jam 9 lomba dimulai setelah sebelumnya ada kata sambutan dan pengenalan para juri yang semuanya terkenal (nama-nama dirahasiakan XD). Kami, peserta kompetisi sinopsis, diminta ke ruangan 310 (kalau tak salah ingat, pokoknya semacam ruang audio visual gitu lah...). Disana ruangannya sangat sangat kedap suara, bahkan saat turun hujan sangat lebat sekitar sore hari pun, disana tak terdengar suara hujan sedikitpun.
Sesi presentasi dimulai. Pembuka presentasi pertama adalah sesama CCW 2008 yakni Anastasia Praditha. Ia membuat sinopsis berjudul Super Student yang bercerita tentang kehidupan 5 anak di sekolahnya, yang sekilas tampak biasa-biasa saja, ternyata memiliki kehidupan lain sepulang sekolah. Sinopsis-sinopsis lainnya yang saya ingat akan saya beberkan disini (ga urut ya):
1. Witness: Kisah tentang kehidupan sekolah dilihat dari sudut pandang sebuah pohon yang telah berumur 50 tahun. Juara 3 lomba sinopsisnya, padahal notabene sedikit banyak mirip dengan sinopsis saya, cuma sudut pandangnya berbeda (kalau gitu saya mungkin rankingnya ga jauh2 dari dia ya? XP)
2. ArdianaNadya (kalau ga salah ini judulnya): Cerita tentang dua orang anak, satu orang loncat kelas dan masih umur 13 tahun, mengincar beasiswa ke Jepang (melihat ini mau tak mau saya mengingat Nagi Sanzenin ==), dan satu lagi anak yang juga pintar. Mereka mengenal satu sama lain dan akhirnya bersahabat.
Ah ya, cuma sekadar info tak penting, gambar-gambar yang digunakan dalam presentasi ini dari Vocaloid loh... XDD(ga penting kan?)
3. Tunjukkan Aku Hidup: cerita tentang seorang anak yang putus asa yang akhirnya menemukan arti hidupnya dari sekolah
4. Chit Chat in Heaven: mimpi seorang anak kelas 5 SD. Ia bermimpi ia sudah tua dan ke surga. Disana ia bertemu dengan seseorang, yang ternyata adalah guru/kepseknya (saya lupa). Ia bercerita bahwa ia dulu dibully dsb dsb. Sinopsis khayalan tingkat tinggi (1).
Info ga penting lagi: yang bikin nih sinopsis adalah Nihonjin.
5. Maryam: juara 1 lomba ini. Sinopsis khayalan tingkat tinggi (2). Ceritanya tentang Indonesia di tahun 2019, dimana konflik antar agama sangat memanas, dan menjelang musim pemilu. Hiduplah anak bernama Maryam, murid sekolah Katolik di Medan, yang intinya ingin menyerukan perdamaian. Akhirnya mereka menggelar demonstrasi di Istana Presiden. Yang menarik di presentasi ini adalah, walau pembuatnya dari sekolah internasional, tidak begitu fasih berbahasa Indonesia, tapi kesadarannya akan isu politik sangat tinggi. Ia berani mengangkat topik yang kontroversial. Presentasinya juga sangat lengkap, kelihatan kalau sudah dipersiapkan dengan baik, tak seperti presentasi saya yang tidak niat karena dibuat hanya dalam waktu 15 menit untuk 2 presentasi *plak* T.T
6. Robohnya Surau Kami: 4 film pendek, 4 cerita berbeda, dalam 1 judul. Tentang 4 orang Muslim yang masing-masing memiliki masalah tersendiri yang akhirnya menggoda iman mereka dan akhirnya melepas jilbab mereka. Film yang sebenarnya cukup unik, sayang terlalu kontroversial menurut saya.
7. Blackberry blablabla... (lupa judulnya): cerita cinta biasa gitu sih, cuma bedanya pakai medium blackberry.
8. (lupa judulnya): cerita tentang 4 geng yang berada di kelas 12 IPA 2; geng religius, anak band, cacat, dan satu lagi lupa. Suatu kali kekompakan kelas mereka ditantang lewat lomba gerak jalan (baris-berbaris? saya rada lupa...) di sekolah mereka.
9. The Incident History: cerita favorit saya, dan juara 2 lomba ini. Tentang 5 orang anak yang sebelumnya tak mengenal satu sama lain, tertangkap basah di ruang kepsek karena mencuri soal ulangan sejarah. Mereka akhirnya dihukum dengan cara berbeda-beda. Mereka mengaku bahwa mereka mencuri karena ingin dapat nilai bagus, padahal sebenarnya mereka semua mendapatkan SMS dari seseorang berinisial SYL (saya lupa kepanjangannya) yang menyuruh mereka mencuri ulangan itu, dan mereka diancam, kalau mereka tak mencurinya, mereka akan mengalami hal buruk yang berbeda-beda. Ternyata, kepsek juga mendapatkan SMS serupa, dan kalau tidak menghukum 5 anak itu, ia akan dipecat. Ending dari cerita ini sangatlah mengesankan, karena sebenarnya pengirim SMS ancaman itu adalah salah satu dari 5 anak yang dihukum tadi.
10. Ban Jr: seorang anak yang diam-diam merekam guru Fisika yang sedang mengajar. Tiba-tiba hujan turun amat deras, dan lama-lama air menggenangi seluruh sekolah. Ada beberapa murid yang pulang tapi ada juga yang tidak. Akhirnya si tokoh utama merekam semua aksi ga jelas -namun unik- dari anak-anak yang masih berada di sekolah.

Dan beberapa sinopsis lain yang saya lupa. XD Ada yang cerita romance dengan biola dan bunga edelweiss, cerita tentang siswi yang pintar bermain piano, dan sebagainya.
Sinopsis saya sendiri akan dicantumkan di blog ini kapan-kapan. XD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Shii

Setelah melihat blog ini dari awal sampai akhir saya baru menyadari bahwa belum ada entri yang menampilkan tentang profil saya kecuali yang ada di bagian profil. (Buset telat amat nyadarnya!!!) Karenanya saya akan menuliskan entri ini, yah walaupun amat sangat super duper hyper telat sekali banget (ada kata-kata lain yang lebih lebay?) saya akan memperkenalkan secara singkat, siapa sih Shii itu? Shii (atau yang di dunia nyata lebih dikenal dengan sebutan *****-nama disensor-) adalah manusia yang merasa dirinya alien atau sekurang-kurangnya, anak indigo, lah... *untuk yang terakhir ini saya sendiri tidak tahu pasti kebenarannya, jangan-jangan benar anak indigo?* Jika kalian melihat ada seseorang yang dianggap aneh atau merasa dirinya aneh di sekitar kalian, kemungkinan itu adalah Shii. Nama Shii diambil dari nama aslinya yaitu *******. Shii baginya dianggap nama yang simpel namun punya banyak arti. Nama Shii itu sendiri tercetus tidak sengaja ketika sedang melamun di kamarnya pada suatu

Tes Masuk Atmajaya (1)

Daripada freak dengan bilang "saya ikut tes masuk universitas berinisial A" yang sok-sokan disensor, mending saya langsung beberkan saja nama universitasnya, ya... Jadi, pada tanggal 21 November yang lalu, dengan merelakan batalnya photo session dan tidak hadirnya saya ke UNJ (dimana semua forum yang saya ikuti mengadakan gath disana) juga kerja kelompok sekolah, saya mengikuti tes masuk universitas yang punya 2 tempat (satu di sebelah Plaza Semanggi dan satunya lagi di seberang Emporium Pluit) selain di Jogjakarta ini. Karena dalam pikiran saya sudah penuh dengan kata-kata seperti "Kalo ga lulus tes ini, kamu ga bisa ikut bonenkai di RRI tanggal 12 Desember karena harus ikut tes FKG Trisakti" maka saya memutuskan agar meluluskan tes ini. Lagipula, saya sudah punya tekad, kalau saya diterima di suatu universitas, saya akan menjadi anggota klub jejepangan di sana dan menjadi panitia J-event. Dulu Atmajaya pernah mengadakan J-event, jadi tugas saya adalah menghidupkan

Junjou Romantica (Season 1 dan 2)

Sepertinya sudah lumayan lama saya tidak me-review anime, dan sekarang saya kembali akan me-review sebuah anime, kali ini dari genre yaoi/boy's love (BL). Anime ini memang sudah lama (sekitar 2-3 tahun lalu), tapi saya baru menontonnya akhir-akhir ini karena baru sempat mendownload, dan juga saya baru mengenal yaoi sejak pertengahan 2008. Walau temanya yaoi, tapi menurut saya tak ditampilkan terlalu eksplisit seperti halnya anime yaoi pada umumnya. Jadi, yah... cocok untuk segala kalangan, asalkan tidak keberatan dengan tema BL, tentu saja. Cerita dari anime ini berpusat pada 3 pasangan utama yang saling berkaitan satu sama lain, yakni: 1. Junjou Romantica: Misaki Takahashi (mahasiswa tingkat pertama universitas Mitsuhashi jurusan ekonomi) dan Usami Akihiko (penulis novel yang terkenal, memenangkan penghargaan, namun sangat disayangkan (?) beberapa karya novelnya bertemakan BL). Misaki mendapatkan nilai yang jelek saat persiapan tes masuk Universitas Mitsuhashi, jadi Takahiro, kaka